Plt. Dirjen Migas IGN Wiratmaja bertemu dengan perwakilan dari Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Umum dalam rangka persiapan penerapan mandatori BBN 15% (27/03/2015)Plt. Dirjen Migas IGN Wiratmaja Meninjau Museum Migas Gawitra di TMII, jakarta, Rabu (25/3).Plt. Dirjen Migas IGN Wiratmaja Memberikan Keynote Speech sekaligus membuka acara Seminar on Field experience in EOR - from pilot to full field implementation (19/03/2015)Plt. Dirjen Migas IGN Wiratmaja menerima kunjungan CEO Japan Cooperation Center Petroleum di Kantor Ditjen Migas (18/03/2015)
Berita Terkini
Pemerintah terus mengikuti secara seksama dinamika mutakhir harga minyak dunia dan perekonomian nasional. Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 39 tahun 2014 Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), yang telah diubah dengan Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, jika dilihat dengan meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam 1 (satu) bulan terakhir, maka Harga Jual Eceran BBM secara umum perlu dinaikkan.
Panitia Seleksi Calon Pimpinan Tinggi Madya telah menyelesaikan tahap wawancara yang diselenggarakan tanggal 16 hingga 21 Maret 2015. Sebanyak 15 calon dinyatakan lulus dan selanjutnya diusulkan kepada Presiden Joko Widodo memilih 5 nama untuk menduduki jabatan sebagai Dirjen Migas, Dirjen Mineral dan Panasbumi, Dirjen Kelistrikan, Dirjen Energi Baru dan Terbarukan serta Sekjen Dewan Energi Nasional (DEN).

Pelaksana Tugas Dirjen Migas IGN Wiratmaja meminta agar badan usaha menjalankan bisnisnya secara baik dan tranparan. Demikian pula di lingkungan Kementerian ESDM, khususnya Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi yang tengah berbenah diri menjadi lebih baik. Tidak ada lagi perizinan-perizinan yang harus diperoleh dengan uang tertentu atau melalui mekanisme yang tidak seharusnya.

Berita Lainnya
Menteri ESDM Sudirman Said didampingi Pelaksana Tugas Dirjen Migas IGN Wiratmaja dan kepala SKK Migas Amien Sunaryadi serta kepala Unit Pengendali Kinerja Kementerian ESDM Widhyawan Prawiraatmaja, Kamis (26/3), melakukan kunjungan kerja ke Blok Cepu. Dari hasil kunjungan tersebut, diketahui perkembangan proyek telah mencapai 95 persen dan produksinya ditingkatkan menjadi 205.000 barel per hari dari semula 165.000 barel per hari.
Dalam waktu dekat, Pemerintah akan segera menetapkan Peraturan Menteri ESDM tentang Paticipating Interest 10%. Rancangan Peraturan Menteri ESDM Tentang Participating Interest 10% tersebut dikeluarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dalam rangka mengakomodir aspirasi daerah untuk mendapatkan Participating Interest (saham partisipasi) sekaligus untuk melindungi kepentingan masyarakat agar mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Dalam aturan tersebut, terdapat delapan poin utama.
Untuk menjaga iklim yang baik dalam penyelesaian saham partisipasi masyarakat pada  kepemilikan wilayah kerja migas,  Pemerintah akan segera mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM yang mengatur tentang Participating Interest 10%. Pemerintah berkeinginan agar rakyat mendapatkan manfaat sepenuhnya dari PI sekaligus menghilangkan praktek pemburu rente.
Informasi
Expand All Collapse all
Statistik Minyak Dan Gas Bumi
Kegiatan Migas
 Polling
Apakah Situs Web Migas membantu anda dalam mendapatkan informasi Kemigasan?
Cukup Membantu
Kurang Membantu
Sangat Membantu
Pengunjung
s/d. Hari ini
3.410.412
s/d. Bulan lalu
3.410.412
Sejak 1 Maret 2007