Pemulihan Palu: Pasokan Lancar, Masyarakat Gampang Peroleh LPG

Palu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Jumat (12/10),  meninjau pemulihan pasokan LPG di Palu dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah  pasca bencana gempa dan tsunami. Secara umum, pemulihan berjalan lancar dan masyarakat tidak mengalami kesulitan memperoleh LPG.

Dalam kunjungannya ke Palu ini, Dirjen Migas  Djoko siswanto berkesempatan mengunjungi beberapa agen, antara lain PT Abba Mulia Sejahtera dan PT Bumi Tadulako Mandiri. Dirjen Migas juga meninjau pelaksanaan operasi pasar LPG serta berbincang-bincang dengan masyarakat yang membeli LPG.

Menurut beberapa ibu rumah tangga yang membeli LPG  3 kg dalam operasi pasar yang dilakukan PT Pertamina tersebut,  mereka tidak mengalami kesulitan memperoleh LPG. Harganya pun sesuai dengan ketentuan yaitu Rp 16.000 per tabung.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan LPG, operasi pasar merupakan salah satu upaya  Pemerintah melalui PT Pertamina. Hingga Kamis (11/10), telah disalurkan lebih dari 90.000 tabung LPG 3 kg.

Peningkatan penyaluran LPG di Palu dan wilayah terdampak lainnya, menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region VII Roby Hervindo, juga didukung oleh pemulihan sarana fasilitas LPG yang sudah beroperasi kembali. “Sebanyak 4 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk LPG  (SPPBE), serta 17 Agen LPG Subsidi dan 6 Agen LPG Non Subsidi saat ini seluruhnya sudah beroperasi normal,” pungkas Roby.

Selain meninjau pasokan LPG di Palu, sehari sebelumnya, Kamis (11/10), Dirjen Migas mendampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar juga mengunjungi Terminal BBM Donggala. Pasokan BBM terpantau aman dan tidak ada antrian. SPBU yang telah beroperasi mencapai 92%, 10 SPBU diantaranya bahkan beroperasi 24 jam.  (TW)