Lantik 199 Pejabat, Menteri ESDM : Kinerja Pemerintahan Harus Semakin Efektif

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan kembali menegaskan perlunya kinerja Pemerintah yang semakin cepat dan efektif. Oleh karena itu, hendaknya para pejabat tidak mempersulit pelaksanaan tugas sehari-hari.

Hal itu disampaikannya ketika melantik dan mengambil sumpah 199 Pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Selasa (25/4), di mana sebanyak 32 Pejabat diantaranya berasal dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.


Ditegaskan Jonan, apabila ada pejabat atau pegawai yang mempersulit pelaksanaan tugas, maka dapat dikenakan sanksi, mulai dari teguran hingga pembebastugasan. “Saya berharap bahwa jabatan atau tugas yang saudara-saudara emban itu yang paling utama itu supaya tidak mempersulit orang lain. Itu saya minta. Kalau misalnya nanti kebanyakan yang protes ya nanti kita pindah lagi. Kalau banyak lagi, saya bebas tugaskan,” katanya.


Jonan mencontohkan dirinya yang selalu berusaha untuk menyelesaikan dokumen dalam waktu satu hari. Tidak ada penundaan. “Pokoknya masuknya sebelum jam 12 (siang), ya hari itu bisa keluar. Paling lambat besok sore,” tambahnya.


Dalam kesempatan itu, Menteri ESDM juga meminta agar mutasi dan rotasi dilakukan untuk pejabat yang telah menempati jabatan yang sama dalam waktu lebih dari 3 tahun dengan tujuan penyegaran.


“Saya minta (pejabat) dalam masa tugas di tempat yang sama, juga jabatan yang sama kalau lebih dari 3 tahun itu sebaiknya ada penyegaran kecuali dua hal. Satu, kalau dalam 1 tahun itu memasuki masa pensiun atau yang kedua, sedang melakukan tugas strategis yang mendesak. Itu saya kira perlu dipikirkan,” ujar Jonan.


Mengakhiri sambutannya, Jonan mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik dan diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.


Berikut ini 32 nama Pejabat yang dilantik di lingkungan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi:

  1. Diyan Wahyudi, S.T., M.E. sebagai Kepala Subdirektorat Penyiapan Program Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  2. Prima K Panggabean, S.T sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Investasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  3. Dra. Soerjaningsih, M.K.K.K. sebagai Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Potensi Dalam Negeri Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  4. Ir. Sentot Harijady Bradjanto Tri Putro, M. Si. sebagai Kepala Subdirektorat Usaha Penunjang Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi.
  5. Ardhi Krisnanto, S.T. sebagai Kepala Subdirektorat penilaian Pengembangan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  6. Ir. Muhammad Abduh, M.Sc. sebagai Kepala SubdirektoratPengawasan Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  7. Ir. Bayu Wahyudiono, M.M. sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Non Konvensional pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  8. Rusli Suhanta, S.Sos. sebagai Kepala Subbagian Kekayaan Negara pada Sekertariat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  9. Roosriani, S.H. sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Sekertariat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  10. Muhammad Cholid, S.Sos. sebagai Kepala Subbagian Perlengkapan dan Rumah Tangga pada Sekertariat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  11. Rudy Arbi Halasan, S.T., MEDEA. sebagai Kepala Seksi Penyiapan Program Pemanfaatan Minyak dan Gas Bumi pada pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  12. Bayu Satria Pratama, S.T., MEM. sebagai Kepala Seksi Penerimaan Negara Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  13. Pinta Uly Talytha Kumy, S.E., M.B.A. sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  14. Ir. Diah Indrarini Felicia Leimena sebagai Kepala Seksi Penggunaan Tenaga Kerja Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  15. Benny Hariyadi, S.T., M.Kesos . sebagai Kepala Seksi Kerja Sama Multilateral dan Regional Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi.
  16. Al Azni Surya, S.T. sebagai Kepala Seksi Pelayanan Usaha Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  17. Ayub Asyifudin, S.T., MEDEA. sebagai Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi Usaha Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  18. Ivan, S.T. sebagai Kepala Seksi Pelayanan Usaha Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  19. Ir. Komar Hutasoit sebagai Kepala Seksi Pemantauan Usaha Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  20. Muhammad Luthfi, S.T., M.T. sebagai Kepala Seksi Penyiapan Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Non Konvensional pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  21. Farida Lasnawatin, S.T., M.T., M.A. sebagai Kepala Seksi Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Non Konvensional pada Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  22. Ucok Hasudungan Siburian, S.E. sebagai Kepala Seksi Pengolahan Minyak Bumi dan Pelumas pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  23. Danny Cahyono, S.T. sebagai Kepala Seksi Pengolahan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  24. Ir. Raden Yunianto Revolida sebagai Kepala Seksi Pengangkutan Minyak Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  25. Heru Windiarto, S.E. sebagai Kepala Seksi Pengangkutan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  26. Ramous, S.T., M.T. sebagai Kepala Seksi Penyimpanan Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  27. Enni Elvi Damanik, S.T. sebagai Kepala Seksi Niaga Minyak Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  28. Inayah Fatwa Kurnia Dewi, S.T., M.T sebagai Kepala Seksi Niaga Gas Bumi pada Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.
  29. Muhiddin, S.T., M.K.K.K. sebagai Kepala Seksi Penyiapan dan Penerapan Standarisasi Hulu Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi.
  30. Wahyu Hidayat, S.T., M.K.K.K. sebagai Kepala Seksi Keselamatan Instalasi Hulu Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi.
  31. Ir. Kusnandar, M.Si. sebagai Kepala Seksi Keselamatan Pekerja dan Umum Hilir Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi.
  32. Ir. Leonard Paramos Tumpal sebagai Kepala Seksi Usaha Penunjang Hilir Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi. (DK)