Seluruh Pejabat Tinggi Madya KESDM Tandatangani Komitmen Reformasi Birokrasi

Bogor, Seluruh Pejabat Tinggi Madya Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral menandatangani komitmen reformasi birokrasi yang difasilitasi oleh Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (UPRB KESDM). Komitmen reformasi birokrasi merupakan langkah awal pelaksanaan secara berkesinambungan reformasi birokrasi di Kementerian ESDM.

“Sesuai dengan tugas yang diamanahkan Bapak Menteri ESDM kepada UPRB untuk melaksanakan upaya-upaya akselerasi reformasi birokrasi di KESDM, maka telah dilakukan kegiatan mapping stakeholder sebagai langkah awal untuk melakukan survei kepuasan layanan dalam lingkup KESDM,” ujar Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian ESDM Yond Rizal, usai penandatanganan di Bogor (1/7) yang lalu.

Mapping stakeholder dilaksanakan dengan tahapan inventarisasi stakeholder dari masing-masing unit eselon I dan one on one meeting dengan eselon I untuk pendalaman dan verifikasi data yang diberikan. “Hasil akhir dari proses mapping stakeholder ini berupa snapshot stakeholder yang disusun dalam bentuk buku,” jelas Yond.

Ditambahkannya, quick win di UPRB di tahun 2015 ini adalah memfasilitasi penyusunan nilai-nilai (values) KESDM yang akan menjadi nilai dasar yang mengikat dan akan dipedomani oleh seluruh pegawai KESDM dalam rangka merubah pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set).

Kementerian ESDM membentuk UPRB untuk mengawal pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian ESDM dan saat ini UPRB sedang menyusun Roadmap RB KESDM Tahun 2015-2019 dan menyelenggarakan inovasi pelayanan publik dilingkup Kementerian ESDM.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji mengatakan, dalam enam bulan kepemimpinan Sudirman Said, telah banyak melakukan pembenahan untuk membangun kepercayaan publik. Reformasi Birokrasi tercakup dalam RPJMN 2015- 2019 yang menitikberatkan pada performance Based Bureaucracy dengan tiga sasaran, birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif dan efisien serta birokrasi dengan pelayanan publik yang berkualitas.

“Menteri ESDM memberi perhatian serius pada upaya-upaya untuk mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi,” ujar Teguh.

Komitmen Reformasi Birokrasi

Berikut kutipan naskah komitmen bersama yang ditandatangani para pejabat tinggi madya Kementerian ESDM :

  • Kami berkomitmen mewujudkan kesuksesan percepatan reformasi birokrasi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
  • Kami menyakini bahwa reformasi birokrasi harus dimulai dari kami dan akan bersama-sama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.
  • Kami akan memberikan usaha yang ikhlas dan jujur membawa Kementerian ini menjadi menjadi lebih baik
  • Kami menyadari bahwa reformasi birokrasi ini tidak selalu mudah, tetapi kami berjanji mendukung, membantu, memfasilitasi dan melaksanakan seluruh usaha reformasi birokrasi dengan penuh kesungguhan
  • Dengan berkat Tuhan yang Maha Esa, reformasi birokrasi ini kan menjadi karya yang kami dedikasikan untuk Kementerian ini dan generasi masa depan Indonesia. (SF)